FUTSAL


 Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Wikipedia

Pertama dimainkan: 1930, Uruguay

Induk organisasi: FIFA, AMF

Peralatan: Bola fustal



Teknik Dasar Futsal

Menendang Bola (Kick)

Mengumpan Bola (Passing)

Menggiring Bola (Dribbling)

Menembak ke Gawang Lawan (Shooting)

Menyundul Bola (Heading)



Panjang lapangan futsal standar internasional ini adalah 38 – 42 meter dan lebarnya adalah 18 – 23 meter.


Waktu pertandingan dilaksanakan selama 2×10 menit. Dan untuk Final selama 2×15 menit. Dengan jeda tiap babak selama 3 menit. Setiap tim berhak meminta 1 kali time out selama 1 menit kepada wasit pada tiap babak.


Dalam Hukum 1 "Laws of the Game" IFAB, disebutkan bahwa gawang futsal berukuran lebih kecil dibanding gawang sepak bola, yaitu tinggi 2 meter dengan lebar gawang 3 meter.


Gawang futsal memiliki lebar yaitu 3 meter yang diukur dari dalam tiang. Tinggi dari gawang futsal yaitu 2 meter dari bagian dalam tiang atas sampai ke lantai. Ukuran bagian dalam gawang bagian atas adalah 80 cm dan bagian bawah yaitu 100 cm. Penampang tiang pada olahraga yang diijinkan adalah bentuk kotak atau bundar.


Waktu bermain adalah 2 x 10 menit dengan waktu istirahat 5 menit. Waktu time out diberikan untuk masing-masing tim adalah 1×30 detik (hanya ada dua kali time out dalam suatu pertandingan). Time out boleh dilakukan dua kali sekaligus dalam satu babak, selama yang meminta adalah tim yang berbeda.


Futsal dimainkan dalam 2 babak dimana setiap babak berdurasi 20 menit saja.


Titik penalti dari tengah garis gawang digambarkan 6 meter. Titik penalti kedua dari titik tengah garis gawang 10 meter.


Ukuran : Tinggi 5 meter x Keliling 84 meter.> Jaring dobel 4 inci (5x5cm), D/48 (3mm).


Federasi Futsal Indonesia (FFI) menghapus ketentuan yang mewajibkan kiper ketiga mengenakan nomor punggung 18 di Liga Futsal Profesional (LFP) 2021. Kiper ketiga bebas menggunakan nomor di antara 2 sampai dengan 20. Keputusan itu disampaikan Sekjen FFI, Edhi Prasetyo di diskusi virtual pada Selasa lalu (30/11/2021).


Dalam futsal, power play adalah skema yang memanfaatkan jumlah pemain di dalam area lawan. Oleh karena itu, kiper yang biasanya berada di bawah mistar akan ikut maju menyerang ke depan agar tim dapat menguasai bola lebih ideal.



Komentar

Postingan Populer